Hal-Hal Penting Seputar Emas

Seperti kita ketahui sebelumnya, Emas adalah komoditi unik dan canggih serta menjadi instrument penting bagi manusia sepanjang masa. Oleh karenanya, perlu kita ketahui hal-hal apa saja yang membuat barang tambang berwarna kuning mengkilap ini bisa menjadi penting. Berikut beberapa hal yang bisa memperkuat atau membuktikan keabsahan judul diatas:

  1. Emas Adalah Komoditi Yang Spesial dan Unik. Emas diambil dari perut bumi dan terakumulasi di permukaan bumi. Emas tidak dikonsumsi, jadi jumlahnya terus bertambah. Meskipun tidak dikonsumsi Emas selalu menjadi barang langka karena jumlah seluruh Emas yang ada di permukaan bumi saat ini diperkirakan hanya berkisar 150.000 – 160.000 ton saja.
  1. Suplai Emas dunia terbatas pada yang berada di permukaan bumi saja. Karena tidak dikonsumsi, maka total suplai Emas di seluruh dunia sama dengan jumlah seluruh Emas di permukaan bumi. Kenaikan suplai tiap tahun hanya berkisar 1,5% – 1,7%.
  1. Emas adalah uang sepanjang jaman, diakui atau tidak. Faktanya adalah setiap pemerintahan di dunia selalu berusaha mengendalikan nilai uang kertasnya dengan mencoba mempengaruhi suplai Emas di pasar. Ini adalah pengakuan bahwa Emas lah uang sesungguhnya.
  1. Seluruh mata uang kertas turun nilainya dari waktu ke waktu karena uang kertas bisa dicetak kapan saja dan dalam jumlah berapa saja, sesuai keinginan pemerintah. Tapi Nilai Emas adalah nyata dan tetap terhadap daya beli, tidak seperti US$, Rupiah atau mata uang kertas lainnya.
  1. Nilai Emas Tidak Ditentukan Pemerintah Manapun. Nilai Emas real ditentukan oleh pasar, tidak satupun pemerintahan di dunia ini yang bisa mengatur dan mempengaruhi harga emas dunia maupun regional.
  1. Emas Selalu Dalam Kondisi ‘Bull Market’. Tahun 1992 harga Emas 24K Rp 23.050/gram, bulan Februari 2009 mencapai Rp 360.000/gram. Artinya, Emas naik lebih dari 15 kali lipat dalam 17 tahun terahir. Dan dalam kurun waktu 17 tahun tersebut tidak ada yang bisa menghalangi kenaikan Emas, ini bisa berarti juga tidak ada yang bisa menahan kenaikan Emas 10 – 17 tahun yang akan dating. Saat anak Anda masuk SMA atau kuliah Emas sangat mungkin menjadi 3jt-4jt per gram. Tapi ingat, dalam jangka pendek harga Emas selalu bergejolak naik turun seperti dalam bulan-bulan terahir ini.
  1. Belilah Emas Dalam Bentuk Fisik (Koin atau Emas Batangan). Jangan membeli Emas dalam bentuk Sertifikat, jangan terlalu mengandalkan sistem perdagangan modern yang menggantungkan pada surat berharga, surat hutang dan sejenisnya. Penggunaan Emas secara fisik jauh lebih aman untuk Investasi dan Proteksi Nilai.

Dari berbagai sumber yang terpercaya

0 Responses to “Hal-Hal Penting Seputar Emas”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Update Harga Emas Dunia

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Sejarah Chart Emas di Indonesia

Sejarah Chart Emas Internasional

Kategori


%d blogger menyukai ini: