5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Emas, akhir-akhir ini banyak diburu pasar. Selama beberapa tahun terakhir Si kuning kinclong ini terus mengalami kenaikan. Masyarakat banyak yang sudah menyadari keunggulan investasi emas dan mulai menyimpannya. Lantas kira-kira apa ya yang membuat harga emas itu naik terus? Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi harga emas.

1. Kenaikan Inflasi Melebihi Yang Diperkirakan
Setiap Negara dalam menentukan kebijakan ekonomi biasanya akan melihat tingkat inflasi. Prediksi berapa persen kah kira-kira inflasi di Negara tersebut akan menjadi acuan dalam penetapan tingkat suku bunga dan lain-lain. Nah jika prediksi tingkat inflasi itu meleset dan malah melebihi yang diperkirakan biasanya harga emas akan melonjak tinggi.

2. Terjadi Kepanikan Finansial
Saat terjadi kepanikan finansial seperti saat krisis moneter tahun 1998 dan juga tahun 2008, maka harga emas akan meroket tidak terkendali. Hal ini terjadi karena masyarakat enggan memegang uang kertas dan lebih memilih menyimpan kekayaanya dalam bentuk emas.

3. Harga Minyak Naik Secara Signifikan
Harga emas akan ikut naik jika harga minyak mentah dunia mengalami lonjakan signifikan meski dampaknya sendiri tidak terjadi seketika. Seperti saat terjadi invasi AS ke Irak di mana Irak adalah salah satu produsen minyak terbesar di dunia. Akibat invasi itu harga minyak melonjak tajam yang kemudian diikuti oleh naiknya harga emas. Begitupun yang terjadi saat ini, dimana Negara sekutu yang dipimpin AS menyerang Libya. Harga minyak mentah kembali naik dan menembus rekor baru. Akibatnya harga emaspun terangkat naik.

4. Demand (Permintaan) Terhadap Emas
Sesuai hukum supply demand, naiknya permintaan emas dunia yang tidak diikuti oleh naiknya pasokan emas mengakibatkan harganya akan naik terus. Cina dan India adalah dua Negara yang paling besar menghabiskan uangnya untuk membeli emas. Karena kedua Negara tersebut sudah menyadari betul betapa pentingnya emas.

5. Kondisi Politik Dunia
Ketegangan politik dunia, misalnya AS dengan Iran, AS dengan Timur Tengah atau ketegangan lain yang membuat suhu politik dunia meninggi dan mengakibatkan ketidakpastian ekonomiĀ  membuat harga emas naik. Para pelaku pasar akan menarik investasinya di bursa saham, valas atau obligasi dan lebih memilih investasi yang aman yakni emas. Sehingga permintaan terhadap emas pun naik.

Itulah lima faktor yang bisa mempengaruhi harga emas. Bagaimanapun emas sebenarnya adalah penentu nilai barang yang paling baik. Dia tahan terhadap inflasi bahkan cenderung meningkat bila di-compare dengan uang kartal. Karenanyalah dari jaman nenek moyang kita dulu hingga sekarang nilai emas itu tak pernah jauh beda. Jadi, mari mulai sekarang kita sisihkan uang kita untuk investasi di emas.

Sumber: http://gubosales.com/artikel-dan-berita-seputar-emas/5-faktor-yang-mempengaruhi-harga-emas/

About these ads

0 Responses to “5 Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Update Harga Emas Dunia

[Most Recent Quotes from www.kitco.com]

Sejarah Chart Emas di Indonesia

Sejarah Chart Emas Internasional

Kategori


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: